Akhir Mei Ini, Dua Pemeran Asing Persebaya Mendarat dalam Surabaya

JawaPos. com – Dua pemain asing Persebaya Surabaya direncanakan mendarat di Kota Hero pada akhir Mei. Tetapi, identitas keduanya belum diungkap. Sangat mungkin satu lantaran dua pemain tersebut ialah slot untuk pemain Asia.

Sekretaris Persebaya Ram Surahman membenarkan peristiwa tersebut. Dia menuturkan, satu dari dua pemain aneh yang akan datang akhir Mei adalah pemain dibanding Asia. ’’Untuk posisi, jangan dulu. Yang jelas, utama di antaranya berposisi sebagai striker, ’’ ucapnya.

Sangat mungkin pemain Asia tersebut berasal sejak Jepang. Beberapa nama sungguh sempat muncul, tapi tadbir tetap tidak mau mengambil identitas pemain Asia tersebut dan pemain asing lainnya yang berposisi sebagai striker.

’’Yang nyata dua dulu kami datangkan sambil menunggu kejelasan regulasi. Sisanya lagi lihat kelanjutan. Bisa didatangkan lebih awal atau menunggu hasil kongres PSSI pada 29 Mei untuk regulasi baru seolah-olah apa. Apakah jadi 2+1 atau tetap 3+1 serupa musim lalu, ’’ bebernya.

Ram selalu menyebut, dalam 3–4 hari ke depan, dua pemeran asing itu tiba dalam Jakarta. Tidak bisa langsung terbang ke Surabaya buat bergabung bersama tim. Selain harus mengurus dokumen, besar pemain asing itu kudu menjalani karantina lebih zaman untuk menaati aturan adat kesehatan selama masa pandemi korona.

Memang, Green Force –julukan Persebaya– sudah bisa mendatangkan 4 pemain asing. Sebab, Ram menyebut empat pemain langka yang direkomendasikan oleh tim pelatih sudah disetujui tadbir. ’’Sudah oke semua. Tapi, dua yang akan pegari dulu, ’’ terangnya.

Sementara itu, skuad Persebaya makin lengkap di dalam latihan hari kedua dalam Stadion Jenggolo, Sidoarjo, kemarin sore. Arif Satria dengan dalam latihan perdana tidak hadir kemarin sudah tampak di lapangan.

Arif memang sempat meminta izin sehari. Dia terlambat dan tidak bisa ikut latihan perdana karena penerbangan dari kampung halamannya di Musi Rawas, Sumatera Selatan, hanya ada pada 19 Mei lalu.

’’Ya Arif sudah pegari, jadi tinggal Alwi dengan belum bergabung, masih minta izin kesatuannya, ’’ sahih pelatih Persebaya Aji Santoso kemarin.

Aji mengatakan, kondisi Arif menawan. Tidak ada penurunan perihal fisik meski melewati libur Lebaran. Hanya, dia menodong mantan pemain Persela Lamongan itu tidak terlalu mengeklaim diri dulu ikut latihan langsung bersama tim.

’’Saya meminta dia untuk lebih hati-hati saja agar tidak cedera lagi. Saya pesan ke tempat jangan maksimal dulu, ’’ ucapnya.

Pintar sebelumnya memang mengalami kecil kendala cedera. Bahkan, luka itu membuatanya tercoret dari skuad timnas Indonesia yang saat ini berada pada Uni Emirat Arab buat menjalani laga sisa agregasi G kualifikasi Piala Negeri 2022.

Selain Arif yang belum suntuk dalam berlatih, ada nama Rendi Irwan yang tidak ikut program yang diberikan Aji dalam dua hari terakhir. Pemain asal Sidoarjo itu juga mengalami perkara di kaki. Kapten Persebaya tersebut juga tidak akan bisa ikut tes VO2max yang diadakan Senin pendahuluan.

’’Kata tabib dalam 10 hari ke depan Rendi baru bisa turun ke lapangan, ’’ ungkapnya.

Nah, karena skuadnya belum penuh, Aji tidak bisa mengeklaim langsung latihan keras pada pemainnya. Perlahan, dalam pasar ini dia hanya menyampaikan latihan pengembalian kondisi lebih dulu kepada para pemain. Sambil menunggu bergabungnya besar pemain asing.