Baru Farmhouse ala Ari Irham, Tumbuhan Sekaligus Elemen Dekoratif

Konsep interior farmhouse yang hangat berpadu apik dengan segarnya tanaman. Dua hal itu menjelma elemen dominan di kediaman tim Ari Irham.

PINTU berwarna mint green yang diapit dua rak tanaman di kiri-kanan menyambut ramah bagi yang datang ke rumah di kawasan Cibubur, Jakarta, itu. Ada syngonium, peperomia, dan belum lagi beragam caladium serta tanaman besar lainnya yang memenuhi rak di teras.

Dari pintu masuk yang kental nuansa farmhouse itu, terdapat entryway yang diisi meja konsol, lalu menuju ruang TV ataupun ruang keluarga, hingga ruang sajian dan dapur. Lantai bawah dengan dibikin open space membuat rumah secara luas lahan 138 meter kotak itu terkesan lebih lapang.

BIKIN SEGAR: Ari menempatkan beragam macam tanaman yang berfungsi sebagai minuman purifier alami sekaligus memperindah tiap ruangan. (Ari Irham for Jawa Pos)

Untuk ruang tamu, Ari menggunakan wall moulding secara penuh. ”Ruangan lainnya separo aja, dikombinasi supaya nggak plain, ” terang Ari. Ibu dua anak tersebut baru saja menata ulang beberapa ruangan. Antara lain, mengganti chandelier di ruang tamu. Menurut Ari, peran lampu tercatat statement untuk sebuah ruangan. ”Apalagi, saya gampang boring, 2–3 tahun biasanya saya ganti, ” ucapnya.

BIKIN SEGAR: Ari menempatkan beragam jenis tanaman yang berfungsi jadi air purifier alami sekaligus mempercantik tiap ruangan. (Ari Irham for Jawa Pos)

Lampu warna gold itu matching dengan coffee table , side table , dan permainan lampu yang memakai warm light. Plus, tanaman yang memberikan kesan fresh dan perbedaan earth tone. Banyak tanaman dengan bisa dijumpai di berbagai sudut ruangan di kediaman Ari.

BIKIN SEGAR: Ari menempatkan beragam jenis tanaman yang berfungsi sebagai minuman purifier alami sekaligus memperindah setiap ruangan. (Ari Irham for Jawa Pos)

Bukan tanpa alasan. Ari yang seorang pencinta tanaman itu menuturkan, flora punya fungsi sebagai pembersih suasana. ”Beberapa tanaman yang merupakan cairan purifier alami saya masukkan ke rumah, ” ucap Ari sembari menyebut sansivieria, beberapa lili, serta palem jepang. ”Selain itu, tumbuhan bisa jadi dekorasi ruangan, ” ucapnya.

Dapur putih yang kental aroma farmhouse menjelma satu diantara favorit Ari. Dia menggunakan top table granit yang tampilannya terlihat seperti solid wood serta kitchen set dengan finishing duco dan HPL. ”Dari segi kehormatan, duco lebih mahal. Tapi, sekarang saya lebih suka yang HPL karena warnanya tidak berubah, ” papar Ari.

Hawa yang kerap menjadi content creator itu menjelaskan, warna dinding rumahnya mayoritas bercat putih. ”Main warnanya di sofa dan cushion. Dengan dinding putih, lebih mudah jika mau mengubah mood, ” imbuhnya.

Ada satu tempat yang baru saja mendapat sentuhan ulang. Yakni, kamar mandi. Buat kamar mandinya, Ari menggunakan material granit dengan grade dan bentuk mendekati marmer.

BIKIN SEGAR: Kamar mandi yang baru berinovasi secara sentuhan gold. (Ari Irham for Jawa Pos)

Kamar mandi berukuran 1, enam x 2, 8 meter itu memuat shower, meja wastafel, bathtub, serta kloset. Dengan perubahan dengan drastis itu, Ari mendapatkan situasi kamar mandi ala hotel kaya di rumah. ”Bisa untuk stress release, ” ucapnya.

Sentuhan gold pada cermin, lampu, keran, dan detail lainnya memproduksi interior kamar mandi itu bahkan stand out . Mendesain sendiri tiap ruangannya, Ari menyatakan tidak punya latar pendidikan desain interior. ”Semua dipelajari otodidak, tapi dasarnya memang suka, ” tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini: