Bolehkah Pasien Diabetes Konsumsi Buah Mangga? Ini Kata Ahli Gizi

JawaPos. com – Pasien diabetes harus membatasi jumlah dan jenis makanan. Sebab makanan yang dikonsumsi bisa menjadi penentu kadar gula darah. Salah satunya buah-buahan. Ada beberapa macam buah yang masih menjadi perkara boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes atau tidak. Salah satunya mangga.

Ketahuilah bahwa mangga sangat bergizi. Mangga kaya hendak vitamin C, folat, tembaga, vitamin A, vitamin E, dan serat.

Dilansir dari NDTV, Jumat (12/6), Ahli Gizi Rujuta Diwekar membahas apakah mangga baik untuk pasien diabetes. “Makan bahan segar itu sehat untuk Anda, ” kata Diwekar.

Meski 90 persen kalori dalam mangga berasal dari gula dengan dapat berkontribusi meningkatkan gula darah pada penderita diabetes, buah ini tetap mengandung serat dan beberapa antioksidan yang bisa meminimalkan konsekuensi keseluruhan gula darah. Serat memperlambat kecepatan tubuh menyerap gula di dalam aliran darah.

Antioksidan dalam mangga membantu mengurangi respons stres yang terkait dengan lonjakan kadar gula darah.
Terlebih lagi, mangga memiliki indeks glikemik rendah (GI). GI angka buat mengukur kadar gula darah. Di skala 0 hingga 100, GI mangga adalah 51 dan buah memenuhi syarat sebagai makanan GI rendah.

Meski tala bergizi dan sehat, pasien sakit harus mengevaluasi bagaimana merespons pada setiap makanan yang dikonsumsi. Sebab di setiap kebutuhan nutrisi seseorang berbeda. Makin pasien diabetes wajib berkonsultasi secara dokter atas porsi dan macam makanan yang dikonsumsi.

“Fruktosa adalah gula alami dalam semua buah, termasuk mangga. Tala kaya akan karoten, yang merupakan bentuk tanaman dari Vitamin A. Bagus untuk mata, fungsi kekebalan tubuh, kulit dan rambut Anda. Mangga juga mengandung mangiferin, polifenol yang memungkinkan gula darah dengan stabil, ” kata Diwekar.

Kesimpulannya, mangga aman bagi penderita diabetes jika dikonsumsi pada batas yang wajar. Tetap berkonsultasi dulu dengan dokter disesuaikan dengan kadar gula darah Anda.

Saksikan video menjadikan berikut ini: