Dengan Cara yang Sangat Sensasional, Italia Lolos ke Perempat Final

JawaPos. com- Italia berhasil melaju ke babak perempat final Euro 2020 dengan cara yang sangat dramatis. Pada bengkak 16 besar dini hari ini (27/6), Italia menekuk Austria dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, London.

Italia awalnya memang sangat kesulitan buat menembus pertahanan rapat Austria. Sampai pertandingan waktu umum selesai, skor masih imbang 0-0.

Italia baru bisa menjebol tiang Austria pada babak bunga waktu. Pemain pengganti Federico Chiesa berhasil memecah kebuntuan lewat golnya pada menit ke-95. Pemain pengganti lainnya, Matteo Pessina, memperbesar nama Italia melalui gol pada menit ke-105.

Pada babak tambahan waktu kedua, ketegangan memuncak. Sasa Kalajdzic berhasil memperkecil ketertinggalan Austria lewat gol tandukan pada menit ke-114.

Untung bagi Italia, sampai peluit tanda akhir pertandingan, Austria gagal mengecap gol tambahan. Adu hukuman menjadi terhindarkan. Italia lolos ke perempat final.

Pada babak pertama pertandingan ini, Italia sungguh-sungguh mendominasi permainan. Namun, tidak ada gol yang terbentuk.

Peluang terkemuka Italia terjadi pada menit ke-17. Saat itu, tendangan melengkung Nicolo Barella berhasil diselamatkan oleh kiper Austria Daniel Bachmann.

Kans lain Italia berlaku pada menit ke-32. Sepak terjang jarak jauh dari asing kotak penalti yang dikerjakan Ciro Immobile sempat benar mengancam gawang Bachmann. Roman, sepakan tersebut hanya melanda tiang gawang sebelah kanan Austria.

Secara statistik, Italia benar-benar betul dominan. Gli Azzurri merekam 11 tendangan ke arah gawang. Sebanyak dua dalam antaranya, berhasil mengarah ke gawang. Bandingkan dengan Austria yang hanya melakukan kepala kali tendangan dari Marko Arnautovic. Itupun tidak langsung sasaran.

Italia sempat sangat tegang. Pasalnya, pada menit ke-65, tandukan Arnautovic berhasil menjebol tiang Gianluigi Donnarumma. Namun, lulus Arnautovic tersebut dianulir. Pokok, dia lebih dulu terperangkap offiside sebelum menerima korban tandukan David Alaba.

Pada babak 8 besar, Italia sudah ditunggu lawan yang sangat tangguh. Yakni pemenang antara Belgia melawan Portugal.