DPO Koruptor masih Berkeliaran, Sahroni Beri Semangat KPK

JawaPos. com – KPK Firli Bahuri menyebut bahwa saat ini, ada 3 dari tujuh orang yang masuk dalam DPO KPK yang tengah berada dalam luar negeri. Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Premi III DPR RI Kamsi kemarin (11/3),

Terkait pernyataan Ketua KPK tersebut, Wakil Ketua Tip III DPR RI Ahmad Sahroni menyampaikan masukannya. Menurut Sahroni KPK perlu memajukan kerjasamanya dengan berbagai lembaga demi menemukan lokasi para-para buron tersebut.

’’Berkaitan dengan masih adanya DPO yang tak mendatangi ditemukan bahkan tidak diketahui keberadaannya di negara mana, saya rasa ada kira-kira hal yang perlu dilakukan KPK, di antaranya merupakan dengan meningkatkan kerja sebanding dengan lembaga negara asing dalam upaya pencarian, karena ini sudah lintas negeri, jadi juga perlu kerja sama lintas institusi, seolah-olah dengan kepolisian, juga Kemenkumham, ’’ ujar Sahroni pada wartawan, Jumat (12/3).

Politikus Partai Nasdem ini juga menyebut kalau upaya pencarian para DPO ini perlu ditingkatkan, agar kasus yang tengah diusut di tanah air mampu segera menemukan titik terang.

’’Penyelesaian kejadian yang tengah diusut di Tanah Air juga sesungguhnya sangat erat hubungannya secara ditemukannya para DPO itu. Jadi kalau cepat ditemukan kan bisa segera dilimpahkan kasusnya ke pengadilan dan segera diputuskan, jadi jemaah juga tidak perlu periode menunggu, ’’ katanya.

Sahroni juga menegaskan bahwa jika memang para-para DPO ini sudah terlihat nantinya, maka KPK pula perlu segera berkordinasi dengan Kementerian Hukum dan Sah Asasi Manusia (Kemenkumham) buat cepat melakukan ekstradisi ke Indonesia.