Hari Pertama Pelatnas Lancar, Ganda Putra Pagi Latihan dan Sore Bebas

JawaPos. com – Pelatnas bulu tangkis di Cipayung, Jakarta Timur, menerapkan pola latihan yang berbeda selama pandemi Covid-19. Kevin Sanjaya Sukamuljo dkk menjalankan prosedur yang sesuai dengan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Mulai pengaturan jadwal latihan sampai pembatasan jumlah pemain di lapangan.

Selain itu, karena fokusnya berbeda daripada biasa, latihannya pun lebih santai. Sebagaimana diberitakan, latihan tahap pertama ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi fisik para pemain setelah lebih dari tiga pekan beristirahat.

Sepulang dari Birmingham, Inggris, untuk mengikuti All England pertengahan bulan selanjutnya, pelatnas memang diliburkan.

Misalnya, ganda putra. Pelatih Herry Iman Pierngadi menuturkan, berdasar hasil sharing dengan para pemain, dirinya memutuskan untuk berlatih hanya satu sesi dalam sehari. Kevin dkk bakal melahap program yang sudah disiapkan.

’’Ya, latihan dengan materi cukup pagi saja. Sorenya latihan pribadi masing-masing atlet, ’’ ungkap Herry I. P., sapaannya, ketika dihubungi kemarin. Hal tersebut, lanjut Herry, berlaku setidaknya hingga sebulan ke depan.

Pria yang oleh badminton lovers Tiongkok dijuluki Coach Naga Api itu memastikan tidak akan mengintervensi kegiatan atlet di sore hari. Artinya, dia membebaskan penuh para pemainnya untuk melakukan kegiatan apa tertentu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. ’’Untuk sekarang dibebaskan dulu, ’’ ucap pelatih 57 tahun tersebut.

Di sektor yang ditangani, ada lima pasangan yang berlatih di pelatnas. Dua pasangan lainnya kembali ke rumah. Namun, Herry enggan menyebut siapa saja pemain yang sedang berlatih di kediaman masing-masing. Besar kemungkinan salah satunya adalah pasangan The Daddies Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Mereka akan kembali ke pelatnas pada 29 Mei. Dua hari sebelum latihan tahap kedua dimulai dalam Juni.

Para pemain melakukan berbagai cara untuk menghindari kebosanan sekaligus tetap aktif. Misalnya, bermain bola, berenang, hingga beberapa jenis latihan sirkuit atau tabata. Aksi-aksi pemain itu terekspos, salah satunya, lewat akun Instagram Greysia Polii. Bintang ganda putri itu menyalurkan hobinya memotret. Kegiatan teman-teman di asrama menjadi objek fotonya beberapa hari terakhir ini.

Bintang ganda putra Fajar Alfian mengaku lebih suka bermain bola untuk mengusir kejenuhan selama karantina. Biasanya, dia bermain bola dengan beberapa rekan ganda putra serta pemain tunggal Anthony Sinisuka Ginting.

Menurut pasangan Muhammad Rian Ardianto itu, bermain bola adalah caranya untuk have fun. Hal yang sulit dilakukan andai jadwal latihan berjalan normal. ’’Iya, biasanya jarang juga sih (main bola), ’’ katanya, lantas tertawa.

Tak hanya menyenangkan, sepak bola juga disebut bagus untuk menggenjot fisik. ’’Kan sama aja kayak lari. Main bola pasti banyak lari, ’’ ucap pemain yang kini menduduki peringkat keenam dunia itu.

Dia menuturkan, dalam latihan tambahan, biasanya dirinya melakukan hal yang berfungsi menguatkan otot. ’’Saya lakuin apa aja yang bisa dilakuin. Kadang push-up, berenang, atau latihan agility, ’’ jelasnya.