Langgar Indonesia di Berlin Lestari Meriahkan Ramadan di Tengah Pandemi

JawaPos. com – Ramadan biasa selalu dirayakan dengan meriah di Masjid Al Falah, Indonesischer Weisheits- & Kulturzentrum (IWKZ) yang berlokasi dalam Berlin, Jerman. Namun, sejak tahun lalu, meski sedang ada kegiatan, namun tentu tak semeriah sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

Ketua Masjid Al Falah Muhammad Juan Akbar mengutarakan, meningkatkan kasus Covid pada Jerman beraktivitas yang bisa dilakukan di masjid dengan berlokasi di Perleberger Str. 61, Berlin itu. ’’Sebelum pandemi, pada 2019, awak biasanya mengundang ustaz sejak Indonesia. Dia menetap dalam masjid selama sebulan untuk memberikan kajian selama Bulan berkat, ’’ ungkap Juan.

Selain itu, kegiatan-kegiatan khas Ramadan lainnya pula rutin digelar di Langgar Al Falah. Mulai buka bersama, sahur bersama, sampai melaksanakan Salat Tarawih. Sebab pengetatan aturan, kegiatan-kegiatan itu pun sangat dibatasi.

Selama Ramadan tarikh ini, mereka hanya melakukan ibadah salat wajib lantaran Dhuhur sampai Maghrib. Mereka tidak bisa menyelenggarakan salat Subuh dan Isya karena terbentur jam malam. Buka bersama dan sahur bersama ditiadakan.

Jadi gantinya, setiap Sabtu, para-para jamaah Masjid Al Falah menghimpun sumbangan dari jamaah haji untuk diwujudkan dalam pembagian nasi kotak untuk aktif puasa. ’’Ada yang membantu uang, bahan belanjaan, atau makanan jadi. Nanti itu dimasak untuk 150 porsi, ’’ ungkap pria yang sudah tinggal di Jerman selama 11 tahun tersebut.

Mayoritas, nasi kotak tersebut diberikan kepada para mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Berlin. Untuk mendapatkan makanan buka puasa tersebut, siapa pun yang menginginkan kudu memesan terlebih dulu, mutakhir kemudian diambil ke langgar pada Sabtu sore.

Selain itu, sedang ada kajian-kajian via online. Misalnya yang dilakukan oleh ibu-ibu pada Selasa serta Kamis. Kemudian setiap Sabtu sore ada kegiatan mengaji bersama. ’’Para mahasiswa selalu bikin radio sahur menggunakan aplikasi Discord , ’’ ucap dia.

Mengenai doa Idul Fitri berjamaah, dirinya masih belum bisa memberika kepastian. Sebab, kondisi dengan terkait dengan kasus Covid masih sangat dinamis. Selain itu, dia pun membutuhkan koordinasi dengan pihak KBRI jika ingin menyelenggarakan doa Idul Fitri berjamaah. (*) Â

 

Saksikan video menarik berikut ini: