Lima Destinasi Wisata Bengkayang Patut Dikunjungi saat Liburan

JawaPos. com –Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, menyarankan lima destinasi wisata yang wajar dikunjungi selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

”Lima destinasi ini menjelma obyek wisata unggulan daerah & memang selalu ramai dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal namun sudah dari penjuru Kalbar dan luar, ” ujar Kadisporapar Bengkayang Made Putra Negara seperti dilansir dari Antara di Bengkayang, Jumat (25/12).

Lima destinasi wisata Bengkayang itu yakni Pantai Samudra Baik, Pantai Kura-Kura Bengkayang, Pulau Lemukutan, Sepadang Hill, dan Riam Pangar.

Lima Destinasi Wisata Bengkayang Patut Dikunjungi saat Liburan
Tanah Lekumutan. (Made Putra/Antara)

Made menjelaskan, Pantai Samudra Indah mempunyai pantai dengan pasir putih benar cocok bagi keluarga atau wisatawan yang datang dalam kelompok besar. Lokasinya yang luas dan suci menarik untuk berbagai kegiatan outbound atau di luar.

”Di beberapa tempat juga jumpai batu-batu berukuran besar memberikan ukuran tambah terutama bagi yang suka berswafoto, ” tutur Made.
sementara itu, Pantai Kura-Kura adalah salah satu destinasi pantai secara pasir putih dan alam dengan dibiarkan natural. Menurut Made, miring tersebut cocok bagi keluarga ataupun muda-mudi yang ingin menambah laba dan keakraban, karena disediakan pondok- ondok untuk bersantai bersama puak atau orang terdekat sembari menikmati hidangan yang bisa dipesan dalam kedai.

”Pantai itu dikelola kelompok masyarakat setempat, ” terang Made.

Destinasi Pulau Lemukutan, menurut Made, membenahi pesona bawah laut yang benar indah, terumbu karangnya masih benar terjaga, ikan-ikan kecilnya cantik beragam warni.

”Di pulau ini bisa menjumpai taman kima masih banyak keindahan yang bisa dieksplorasi dari perairan Pulau Lemukutan, ” ujar Made.

Selain itu, pengunjung bisa kontrak perahu dan alat snorkeling mengikuti menikmati BBQ, makan ikan gres dengan berbagai menu serba seefood.

Nah wisatawan dengan menyukai alam pegunungan, lanjut Made, Sepadang Hill atau juga lumrah dengan Bukit Sepancong Spot II di Dusun Ketiat, Kecamatan Kali Betung, Kabupaten Bengkayang, bisa oleh sebab itu pilihan. Bukit Sepancong terletak pada ketinggian 400 dari permukaan bahar.

”Di puncak tanah, terutama pagi hari bisa menikmati lautan awan putih berarak sekitar mata memandang. Keindahan bak jati mimpi di atas awan. Sementara sore hari juga bisa menikmati sang surya memerah membuat segenap langit berwarna oranye, ” papar Made.

Dia menambahkan, Riam Pangar di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh patos, Kabupaten Bengkayang, cocok untuk mandi-mandi atau bermain Rafting. Pengunjung mampu menjelajah riam menikmati kesejukan daerah di sepanjang Sungai Tanggi.

”Bengkayang juga segera meluncurkan permainan tubing di Riam Jugan dan Rafting di Riam Merasap, ” kata Made.

Terkait liburan pada masa pandemi, pihaknya tetap membuka destinasi wisata namun akan tetapi dibatasi untuk wisatawan lokal, dengan menerapkan aturan kesehatan. ”Tidak diperkenankan membuat acara yang menyebabkan kerumunan dan tidak diperbolehkan acara-acara pesta kembang elektrik, ” ujar Made.

Saksikan video menarik berikut ini: