Luhut Sebut 1, 5 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Disiapkan untuk Bali

JawaPos. com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sebanyak satu, 5 juta dosis vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca bakal diberikan untuk penduduk Provinsi Bali dalam waktu depan. Luhut menyebut, vaksin itu diperkirakan akan datang kamar ini atau April 2021 mendatang.

“Kami akan berbicara kepada Gubernur terkait vaksin rr mau lebih banyak untuk Bali. Jadi kami harap Bali bisa memperoleh 1, 5 juta vaksin. Harapannya dalam bulan ini atau kamar depan, ” ujarnya secara virtual, Jumat (26/3).

Luhut mengungkapkan, program vaksinasi tersebut bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Provinsi Bali, sehingga diharapkan dapat mendongkrak jumlah wisatawan domestik. “Tapi sekali sedang, Bali adalah salah satu targetnya. Jadi kami hendak terus berupaya keras, ” tuturnya.

Luhut menjelaskan, wisatawan domestik mempunyai peran penting dalam pertumbuhan sektor pariwisata. Sebab, kira-kira 90 persen dari mutlak wisatawan di Indonesia merupakan wisatawan domestik.

“Wisatawan internasional sangat penting. Tapi jika kami mampu meningkatkan lebih banyak wisatawan domestik, itu juga bisa membantu sektor pariwisata, ” imbuhnya.

Sementara, Gubernur Bali Wayan Koster juga menyampaikan permintaan pada pemerintah pusat untuk memvaksinasi 3 juta penduduknya dari total penduduk yang sebesar 4, 5 juta. Berarti, 70 persen penduduk Bali akan disuntik vaksin.