Lulus Tipis, Indonesia Tak Pernah Kalah Lawan Thailand pada Sejarah

JawaPos. com- Indonesia lolos dari risiko menakutkan yakni untuk kali pertama dalam sejarah, kecundang melawan Thailand di Beker Thomas.

Sesudah menjalani pertarungan melelahkan, Nusantara akhirnya mengandaskan Thailand dengan skor tipis 3-2 di dalam lanjutan laga Grup A Piala Thomas 2020.

Berlaga di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pagi buta ini WIB (12/10), sendiri ketiga Indonesia Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu hasil Indonesia. Di partai kelima, Vito mengandaskan Adulrach Namkul dalam rubber game, 23-21, 10-21, dan 21-8. Vito menyelesaikan laga dalam tempo 1 jam dan 2 menit.

Sebelumnya, Indonesia meraih dua angka lewat dua ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Di sisi lain, Indonesia menelan kekalahan di dua sektor tunggal. Yakni dengan tumbangnya Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Daripada lima sektor yang bertanding melawan Thailand, Fajar/Rian menjelma pemain terbaik Indonesia. Fajar/Rian menang cukup mudah untuk ganda Thailand Natthapat Tringajee/Tanupat Viriyangkura dalam dua game langsung 21-9 dan 21-12.

Kemenangan Fajar/Rian itu menghindarkan Indonesia sebab kekalahan. Sebab, satu poin dan Fajar/Rian membuat Nusantara menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

“ Tadi mainnya enak. Bisa keluar semua permainannya, ” kata Fajar usai pertandingan dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“ Saat main tadi saya tidak memikirkan soal situasi Indonesia yang tertinggal 1-2 lawan Thailand. Kami cuma berpikir ingin main indah dan maksimal mengeluarkan dengan terbaik saja, ” tambah Rian.

Dalam mata Fajar/Rian, lawan hanya bermain monoton. Tidak penuh variasi serangannya. Cuma berperan power. Dengan pola seperti itu, Fajar/Rian lebih enak pada meladeni permainan lawan.

“ Kami bertambah nyaman. Serangan-serangan kami lebih bervariasi. Tidak selalu tulang dan kencang. Kadang palang salib, chop, dan ngerem shuttlecock lawan, ” kata Rian.

Besok (13/10), Indonesia akan menghadapi partai penting melawan tim berpengaruh Taiwan. Menang, merupakan status yang aman bagi Indonesia untuk lolos ke perempat final.