Malam Takbiran, Gubernur Anies Pastikan Kondisi Jakarta Terkendali

JawaPos. com –Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil kondisi wilayahnya dalam bentuk terkendali pada malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 2021.  Sejauh ini, tidak ditemukan ada awak yang membandel melakukan takbir keliling.

Anies mengatakan, pihaknya sudah melayani pemantauan langsung, berkeliling dalam wilayah Jakarta. Pemantauan tersebut dilakukan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Hebat Mayjen Dudung Abdurachman.

”Kondisi di Jakarta Alhamdulillah sesuai dengan Teriakan Gubernur Nomor 5 Tarikh 2021, terkait dengan malam takbiran, di mana kita menganjurkan kepada masyarakat buat melaksanakan takbiran di panti dan di masjid secara kapasitas 10 persen, ” kata Anies di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (12/5).

Selain itu, Forkopimda DKI Jakarta serupa memutuskan mulai pukul 22. 00 WIB diterapkan crowd free night atau penyudahan di beberapa ruas jalan protokol. Hal itu untuk menyekat mobilitas warga pada malam takbiran.

”Ini bukan hanya di zona Sudirman–Thamrin, tapi juga di seluruh lima wilayah administrasi Jakarta.  Malam hari ini (12/5) Alhamdulillah kondisinya terarah, ” tutur Anies.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud itu berharap biar masyarakat tetap berada pada rumah. Tidak melakukan takbir keliling. Dia menyampaikan pengetahuan atas keterlibatan masyarakat secara tetap di rumah.

”Ini adalah suatu ikhtiar kolektif yang menjadi tanggung jawab kita sama-sama, bukan semata-mata peraturan negeri, bukan semata-mata seruan pemerintah. Tapi ini adalah buat melindungi diri, kita seluruh, keluarga kita, dan bangsa, ” kata Anies.