Modul Guru PAI untuk Perdalam Materi Seleksi SKD PPPK Masih Kurang

JawaPos. com – Departemen Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan, sebesar 925. 631 guru dinyatakan lolos seleksi administrasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Mereka sekarang padahal bersiap untuk mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Ketua Wadah Honorer Non Kategori dua Persatuan Guru Honorer Republik Indonesia (PGHRI) Raden Sutopo Yuwono pun meminta pada Kemendikbudristek untuk menyiapkan materi pembelajaran. Meskipun di laman Kemendikbudristek sudah ada bahan yang bisa dipelajari, peristiwa itu hanya untuk tutor umum. Sedangkan materi untuk guru Pendidikan Agama Islam (PAI) masih kurang.

“ Mohon diperjuangkan juga untuk modul bersekolah PAI, agar nanti teman-teman guru PAI juga tenang, ” kata dia pada siaran YouTube Kemendikbud MENODAI, Kamis (20/8).

Sementara dia meminta untuk materi pembelajaran tersebut, tutor PAI dapat memanfaatkan sumber lain. Dirinya pun menodong guru PAI untuk tidak melakukan aksi protes.

“ Selanjutnya beberapa latihan di portal Kemendikbud itu mohon dibuka dengan seri-seri pelatihan itu. Agak-agak memang teman-teman guru belum sempat, jadi kalau mampu itu dibuka lagi, ” imbuhnya.

Tengah itu, Sekretaris Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Nunuk Suryani, menyikapi Sutopo, ia mengatakan modul PAI memang tidak tersedia di Kemendikbudristek. Namun dibawah kewenangan Kementerian Agama (Kemenag). “ Itu di Departemen Agama, ” tandasnya.