Mulia Tenaga Kesehatan PDP di Surabaya Meninggal

JawaPos. com – Satu sedang tenaga kesehatan (nakes) yang meninggal di tengah pandemi Covid-19. Sinse I. S. Tjahjadi SpPD tutup usia dengan status pasien di dalam pengawasan (PDP).

Humas RS Adi Husada Undaan Wetan Johan Soesanto menjelaskan, yang bersangkutan dibawa ke unit gawat perlu (UGD) pada Rabu (27/5). Sebab kondisinya memburuk, Is langsung dirujuk ke intensive care unit (ICU) Covid-19 hingga dinyatakan meninggal di dalam Minggu malam (31/5).

’’Belum sempat dirawat di tempat isolasi. Sejak awal ditempatkan di ICU karena kondisinya tidak tetap sampai meninggal, ’’ terangnya.

Dia menyatakan, hasil ulangan swab belum keluar sehingga Is masih berstatus PDP. Artinya, dia belum terkonfirmasi Covid-19 meski ada gejala yang mengarah ke sana.

Johan menyebutkan, Is adalah dokter tamu atau sinse konsultan yang sehari-hari merawat anak obat di ruang rawat inap. ’’Kalau sejak kapan praktik di Adi Husada, saya nggak hafal. Yang jelas sudah lama sekali. Aku masuk pada 2000, dokter Is sudah ada di sini, ’’ jelasnya.

Johan mengisbatkan, pesan berantai yang menyatakan istri Is, dr Christine, dirawat dalam ruang isolasi tidaklah benar. ’’Kondisi istrinya sehat, ’’ katanya. Dia menjelaskan bahwa kekeliruan informasi tersebut siapa tahu disebabkan adanya pasien suami istri terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat dengan sang istri yang bernama sama, Christine.

’’Saya pastikan istrinya sehat, tapi pasti masih kami pantau. Karena membangun punya kedekatan dengan almarhum. Kalau ditanya penyakit penyertanya ada atau tidak, saya nggak berani bekerja catatan medisnya karena itu privasi pasien, ’’ tandasnya.

Saksikan video menarik berikut ini: