PBNU Ajak Semua Pihak Komitmen Tidak Ulangi Kesalahan Penanganan Pandemi

JawaPos. com – Hari ini, Minggu (31/1) adalah tepat 95 tahun berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) sejak mula-mula diresmikan pada 31 Januari 1926. Ucapan selamat datang dari berbagai tokoh, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas menyampaikan terima kasihnya arah ucapan selamat dan doa daripada Jokowi kepada NU.

“Terima kasih ucapan harlah dan doanya, Pak Jokowi. Doa ulung untuk Presiden beserta jajarannya, kaum dan bangsa Indonesia seluruhnya, ” ungkap dia melalui keterangan terekam, Minggu (31/1).

Dia pun juga menyinggung situasi Nusantara di tengah pandemi Covid-19. Logat dia, diperlukan kolaborasi seluruh pihak untuk bisa menyelesaikan permasalahan dengan masih menghantui masyatakat ini.

“Dalam situasi pandemi dan bencana alam yang silih berganti, kolaborasi segenap pihak mutlak diperlukan. Mari terus instrospeksi (muhasabah) & mawas diri, ” tutur dia.

Menurutnya, sekecil apapun kecacatan dan kekeliruan sebagai bangsa, ia mengajak untuk berkomitmen agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

“Saya percaya Indonesia bisa mewujudkan keadilan sosial bagi segenap rakyat sebagaimana cita-cita nasioal serta memberi kontribusi signifikan bagi bangunan peradaban dunia, ” imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan NU merupakan organisasi yang memberikan andil nyata untuk mencapai kemerdekaan. NU juga turut mengisi pembangunan Indonesia.

Menurut Jokowi, semua masyarakat bersyukur dan berterima afeksi kepada NU yang senantiasa konsisten membela Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, & UUD 1945.

”Di tengah perubahan dan tantangan periode yang semakin kompleks, NU selalu berada di garda terdahulu dalam membela kepentingan bangsa & negara. Kita semua melihat keterangan NU berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menggerakkan semangat nasionalisme, dan semangat toleransi serta di dalam melawan segala bentuk radikalisme serta terorisme, ” ujar Jokowi dengan virtual dalam Harlah NU ke-95 di Jakarta, Sabtu (30/1).

Saksikan video menjadikan berikut ini: