Penularan Covid-19 Melambat, 5 Provinsi Hanya Ada 1-3 Kasus Per Keadaan

JawaPos. com – Pemerintah mengakui ada sejumlah provinsi dengan siap melakukan situasi normal dengan baru atau New Normal. Tapi di sisi lain, ada serupa provinsi lain dengan kasus fluktuatif yang masih cukup tinggi.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, pas banyak provinsi yang sudah tak melaporkan kasus baru. Artinya tidak ditemukan lagi kasus baru Covid-19 di delapan provinsi.

“Ada beberapa provinsi yang tidak ditemukan lagi kasus positif. Bagaikan Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Tak dapatkan 1 pun kejadian, ” jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (29/5).

Lalu ada juga provinsi yang penyaluran kasusnya semakin melambat. Lima daerah hanya melaporkan 1 sampai 3 kasus baru per hari.

“Hanya ditemukan 3 datang 1 kasus baru di Riau, Gorontalo, Jogjakarta, Bengkulu dan Sulawesi Tenggara, ” jelasnya.

Yurianto menambahkan ada juga sebanyak provinsi yang dalam 3 minggu terakhir mengalami kurva yang mendatar. Ada juga provinsi yang penularannya menurun 50 persen menurun lantaran angka puncak.

“Terus menerus kita cek dan pertimbangan, sehingga bisa kita awali nantinya untuk tetap dilakukan produktivitas. Dan tetap jaga kebiasaan baru tersebut atau normal yang baru tersebut. Dengan tetap rajin cuci lengah dan gunakan masker setiap muncul rumah.

“Hindari kelompok, lalu bergantian saat masuk lift. Atau saat berwudu juga berputar jika jarak kerannya tak bertambah dari 1 meter. Kalau tak penting, jangan keluar rumah, ” tutupnya.