Portugal Tim Pertama dalam Sejarah Euro yang Buat 3 gol dalam 8 Menit

JawaPos. com- Dua gol Cristiano Ronaldo serta satu dari Raphael Guerreiro dalam kurun waktu cuma delapan menit, memastikan kemenangan besar Portugal atas tuan rumah Hungaria pada langgar pertama Grup F Euro 2020. Portugal menang 3-0 dalam pertadingan yang ditonton lebih dari 55 seperseribu orang di Puskas Dunia, Budapest (16/6).

Hungaria sejatinya bertahan secara sangat rapat dan sejati. Bahkan pada menit ke-80, mereka berhasil mencetak gol. Namun, tendangan keras Szabolcs Schon dianulir wasit sebab ternyata dia berada pada posisi offside.

Kegagalan mencetak gol itu boleh memukul mental Hungaria. Ini membuat pertahanan mereka buyar juga. Raphael Guerreiro memintasi kebuntuan lewat golnya dalam menit ke-84.

Ronaldo menggandakan keunggulan Portugal via tendangan penalti di menit ke-87. Ronaldo langsung mencetak gol keduanya di menit 90+2.

Ini adalah gol ke-106 Ronaldo sepanjang karier internasionalnya. Ronaldo hanya berjarak 3 gol saja dari pencetak gol internasional terbanyak sepanjang masa yakni legenda Iran Ali Daei (109 gol).

Tambahan dua lulus membuat Ronaldo mencatat rekor lainnya. Dia resmi menjelma top scorer ajang Eropa. Total, Ronaldo menciptakan 11 gol, melewati capaian salah seorang pemain sepak bola terbesar Prancis Michel Platini (sembilan gol).

Dalam soal penampilan, Ronaldo adalah pemain pertama di Eropa yang tampil di lima turnamen. Yakni Euro 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020.

Dalam catatan Opta, Ronaldo bermain dalam 39 sabung di Euro dan Beker Dunia. Hal ini menghasilkan Ronaldo menjadi pemain Eropa terbanyak yang pernah hadir pada ajang mayor.

Secara tim, kemenangan 3-0 Portugal atas Hungaria ini adalah kemenangan terbesar tim juara bertahan di dalam laga perdana Euro. Portugal menyamai Uni Soviet dengan membantai Denmark pada 1964 di laga perdana itu.

Selain itu, Portugal juga menjadi awak pertama di Euro yang mencetak tiga gol dalam kurun waktu 10 menit terakhir dalam sebuah perlombaan.