PPATK Usut Transaksi Lintas Negara FPI

JawaPos. com – Pusat Pelaporan serta Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melaporkan adanya aliran uang lintas negara di rekening Front Pembela Agama islam (FPI). Meski begitu, Kepala PPATK Dian Ediana Rae belum suka menyimpulkan apakah hal itu termasuk kategori transaksi mencurigakan.

”Transaksi itu belum bisa disimpulkan apa-apa, ” kata Dian kepada Jawa Pos kemarin (25/1). Tempat menjelaskan, transaksi ke luar atau dalam negeri biasa dilakukan organisasi, individu, atau organisasi masyarakat (ormas) lain. Tidak terkecuali FPI. ”Hal itu (transaksi lintas negara) pelik terjadi di dunia yang semakin global ini, ” ungkapnya.

Dian menyatakan, analisis dan pemeriksaan terhadap rekening FPI maka kemarin masih berlangsung. Analisis tersebut bersifat komprehensif. Bukan hanya transaksi dalam dan luar negeri yang menjadi objek pemeriksaan. Dan bukan hanya rekening FPI yang diperiksa.

Baca serupa: PPATK Blokir Bon FPI

Hingga masa ini PPATK sudah memblokir 89 rekening yang berkaitan dengan FPI. Termasuk individu yang terkait secara ormas yang bermarkas di Petamburan, Jakarta, tersebut. Pemblokiran itu dilakukan berdasar UU Nomor 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan UU Nomor 9/2013 tentang Pencegahan serta Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

Di sisi asing, berkaitan dengan kondisi Rizieq Syihab yang saat ini mendekam di dalam tahanan Bareskrim Polri, Kepala Bagian Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan bahwa yang bersangkutan baik-baik saja. Dia membantah kabar yang menyebut Rizieq sakit. Dia mengutarakan, Rizieq kemarin (25/1) sudah diperiksa tim dokter Polri. ”Diperiksa oksigennya, kemudian suhu, detak jantung, dan kemudian tensi. Semuanya normal, ” ungkap Argo. Mantan kepala dunia humas Polda Metro Jaya itu pun sempat menunjukkan foto Rizieq saat diperiksa oleh dokter Polri.

Saksikan gambar menarik berikut ini: