Raih Audit Wajar, Baznas Perkuat Pengoperasian Internal

JawaPos. com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil mempertahankan hasil audit keuangan dengan sebutan wajar. Ketua Baznas Bambang Sudibyo menuturkan mereka akan terus menguatkan sistem pengendalian internal. Kemudian juga memperbaharui dan memperbaiki standar operasional.

Bambang bersyukur balik mendapatkan hasil audit keuangan dengan predikat wajar itu. Dia membaca Baznas pusat selalu rutin buat menjalankan audit keuangan. ’’Kita coba bisa digunakan seluruh Baznas Indonesia. Semoga bisa ditiru, ’’ katanya Rabu (10/6).

Audit keuangan Baznas dikerjakan oleh Pejabat Akuntan Publik (KAP) AR Utomo. Predikat wajar untuk laporan keuangan tersebut sudah seperti tradisi pada Baznas. Predikat wajar merupakan predikit tertinggi dalam audit laporan keuangan. Proses audit kali ini tersedia tantangan tersendiri. Sebab kunjungan tim auditor ke titip pendistribusian serta pengelolaan zakat dilakukan dengan tambahan hati-hati di tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Jelas menyampaikan rasa syukur dengan raihan predikat wajar tersebut. Predikat biasa itu menjadi bukti pengelolaan sokongan zakat, infak, dan sedekah yang dihimpun Baznas sesuai aturan yang berlaku. ’’Baznas memiliki komitmen untuk selalu menjalankan prinsip kehati-hatian serta disiplin mengikuti aturan dalam tata zakat, infak, dan sedekah, ’’ jelasnya.

Dia menambahkan predikat tersebut menjadi motivasi Baznas untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi keuangan. Kemudian juga menjaga karakter pelayanan yang terbaik bagi para muzaki maupum mustahik. Bambang mengingatkan Baznas pusat mendoorng Baznas dalam daerah serta lembaga amil zakat (LAZ) untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang tertib sesuai aturan.

Direktur Kepatuhan dan Audit Internal Baznas Mochammad Lchwan membaca laporan keuangan sudah disusun & disajikan sesuai prinsip akuntansi dengan berlaku umum di Indonesia. Pedoman itu sudah ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. ’’Semua informasi di dalam laporan keuangan Baznas telah disajikan secara lengkap dan benar, ’’ tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini: