Rencana Reuni Aksi 212, Menko PMK Ingatkan Patuhi Protokol Kesehatan

JawaPos. com – Pada 2 Desember 2020, akan ada Reuni Aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta. Rencananya acara itu juga akan dihadiri oleh Imam Besar Front Advokat Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Menteri Koordinator Bidang Pendirian Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan apabila ada kegiatan yang menciptakan kerumunan, asosiasi wajib untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Pokoknya semua kesibukan yang melibatkan massa banyak kudu mematuhi betul protokol kesehatan, pertama memakai masker yg benar, dengan standar kesehatan yang sudah ditetapkan, misalnya masker, ” ungkapnya dalam kantornya, Kamis (12/11).

Namun, ia berharap tidak ada gelaran seperti itu di era pandemi Covid-19. Sebab, saat ini kasus positif juga semakin menurun, jika ada kegiatan yang mengerahkan massa banyak, dikhawatirkan kasus makin meningkat. “Sangat dianjurkan untuk menghindari kerumunan-kerumunan, ” ujarnya.

Pasalnya, jika sudah berada dikerumunan, rasanya sulit juga untuk menerapkan protokol kesehatan. Namun, diimbau agar mereka yang mengikuti kegiatan menyalurkan wajib menjalankan protokol kesehatan.

“Kalau sudah kerumunan membentuk ngga mungkin jaga jarak, namanya aja kerumunan, tapi kalau dia pakai masker dengan baik dengan standar dan cara yang betul saya kira tingkat keterancamannya telah kurang dari 50 persen, ” tambah dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyampaikan bahwa ada rencana untuk melangsungkan Reuni Aksi 212.

’’Itu agenda reuni masih kita telaah ya, apakah kita akan laksanakan seperti biasa tahun-tahun yang lalu atau ada perubahan. Kita menduduki setelah beliau (HRS) istirahat beberapa hari. Nanti baru kita bicarakan, ’’ kata Slamet di markas FPI, Petamburan, Jakarta Selatan, Selasa (10/11).