Ruas Tol Dalam Kota Jakarta Bertambah

JawaPos. com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bagian jalan tol Kelapa Gading–Pulo Gebang kemarin (23/8).

Segmen itu merupakan bagian dari jalan pungutan dalam kota Jakarta buku Semanan–Grogol–Pulo Gebang sepanjang 29, 67 kilometer.

Jokowi tiba di Gerbang Tol Cakung sekitar jam 08. 30. Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Komisaris Istimewa PT Jakarta Tollroad Development Trisna Muliadi.

’’Hari ini (kemarin, Red) jalan tol Kelapa Gading–Pulo Gebang sepanjang 9, 3 kilometer telah selesai & bisa dimanfaatkan masyarakat, ’’ kata Jokowi dalam sambutannya.

Pembangunan enam ruas jalan tol di kota Jakarta merupakan order strategis nasional (PSN). Pendirian dilaksanakan dengan sistem kegiatan sama operasi (KSO) jarang PT Jaya Konstruksi serta PT Adhi Karya. Wujud jalan bebas hambatan itu menyerap investasi hingga Rp 20, 73 triliun dengan biaya konstruksi Rp 12, 37 triliun.

Ruas tol dalam tanah air Semanan–Pulo Gebang terbagi menjadi tiga segmen. Yakni, Semanan–Grogol 9, 5 kilometer, Kelapa Gading–Pulo Gebang 9, 29 kilometer, dan sisanya Grogol–Kelapa Gading. Berfungsinya segmen pungutan Kelapa Gading–Pulo Gebang menghasilkan distribusi logistik lebih lekas.

Sebab, hidup tol itu menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus Marunda secara Pelabuhan Tanjung Priok. Bagian Kelapa Gading–Pulo Gebang pula terkoneksi dengan Jalan Pungutan Lingkar Luar Jakarta (JORR) seksi E (Taman Mini–Rorotan). ’’Pada akhirnya, daya saing akan makin baik, ’’ tutur Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pembangunan jalan tol menghubungkan kawasan-kawasan produktif. Misalnya, kawasan pariwisata, industri, dan simpul-simpul transportasi. Khusus tol dalam kota Jakarta, ada manfaat tambahan dari timah tol. Yakni, mengurangi kemacetan. ’’Sehingga akan mengurangi imbalan logistik, ’’ terangnya.

Ruas tol dalam kota Jakarta lain dengan sedang dipersiapkan konstruksinya ialah Duri Pulo–Kemayoran, Tanah Abang–Ulujami, dan Casablanca–Pasar Minggu. Dengan utuh, ruas tol pada kota Jakarta membentang sepanjang 69, 77 km secara mengadopsi konstruksi jalan mengambang yang terintegrasi dengan Bus Rapid Transit.