Sekda Hendro Gunawan Gantikan Whisnu Sebagai Plh Wali Kota Surabaya

JawaPos. com –Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiano Dardak melantik Sekretaris Daerah Tanah air Surabaya Hendro Gunawan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya.

Penunjukan Plh tersebut berdasar SK Gubernur Jawa Timur tertanggal 17 Februari 2021. Hal itu bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Kota Surabaya dengan berakhir pada Rabu (17/2).

Plh Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, pada prinsipnya Plh itu untuk mengisi kekosongan jabatan antara masa jabatan wali kota periode 2016–2021 dengan pemangku kota terpilih.

”Selama masa jabatan yang kosong ini lah dilaksanakan oleh Plh. Tugasnya buat melaksanakan kegiatan sehari-hari pemerintah praja. Tapi Plh tidak diperbolehkan melakukan kebijakan yang sifatnya strategis, ” kata Hendro pada Selasa (16/2) malam.

Hendro mempertunjukkan beberapa kebijakan strategis yang tak boleh diambil Plh. Misalnya, masalah keuangan, organisasi, mutasi, dan sebagainya. Namun dia menjanjikan pelayanan pada masyarakat Surabaya tetap berjalan seperti biasa.