Sesudah Pertahankan Gelar Juara Dunia, Khabib Bisa Lawan Sang Legenda

JawaPos. com – Duel antara Khabib Nurmagomedov versus Justin Gaethje sudah dipastikan. Khabib akan berusaha mempertahankan gelar ahli kelas ringan UFC pada 24 Oktober mendatang di tempat yang belum ditentukan.

Belum juga pertarungan yang lama ditunggu-tunggu itu digelar, Presiden UFC Derma White sudah menyiapkan kejutan lain. Dia membuka peluang laga jarang Khabib melawan mantan juara besar divisi UFC, Georges St-Pierre.

Ini memang waktu yang berat buat Khabib. Dia pertama saja kehilangan sang ayah yang sekaligus pelatihnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Abdulmanap meninggal karena komplikasi Covid-19 di dalam 3 Juli lalu. Saking terpukulnya, Khabib menyatakan akan pensiun sebab dunia mixed martial art.

’’Buat Khabib, ini sungguh cobaan mengandung, ’’ kata White kepada CNN. ’’Ayahnya adalah pahlawan baginya. Dia sangat mencintai ayahnya. Hubungan itu sangatlah dekat, ’’ lanjut pria berusia 51 tahun tersebut.

White menyatakan, duel dengan Gaethje akan terjadi dan terang terjadi. Namun, jika setelah sabung itu Khabib tetap ingin mengakhiri karir, White sudah menyiapkan melayani yang top. Itulah St-Pierre. Apalagi, petarung asal Kanada tersebut tak masalah menjadi underdog jika harus melawan Khabib.

St-Pierre dengan merupakan salah seorang legenda terbesar UFC sudah pensiun pada Februari tahun lalu. Namun, dia masih berlatih. Satu-satunya alasan dia bakal kembali ke oktagon adalah jika ada tawaran tanding yang sangat menarik. Dan Khabib, yang menyandang titel undefeated alias belum terkalahkan, jelas lawan yang lebih dari menarik.

Tidak mengherankan jika dia langsung menanggapi tawaran White dengan sangat bersemangat. ’’Gila! Langsung ketika aku berpikir masa pensiunku bakal tenang-tenang saja, ’’ prawacana St-Pierre kepada ESPN.

’’Aku sangat menanti pertarungan Khabib dan Gaethje Oktober mendatang. Hendaknya berhasil buat mereka berdua, ’’ lanjut mantan juara kelas welter dan kelas menengah tersebut.

Soal kemungkinan duelnya, dia menunggu hasil Khabib versus Gaethje.
Khabib kali terakhir terangkat oktagon saat melawan Dustin Poirier pada 8 September 2019.

Dia menang lewat submission dalam ronde ketiga. Semula, pemilik rekor 28-0-0 itu dijadwalkan melawan Tony Ferguson pada 19 April 2020. Namun, pandemi Covid-19 membuatnya tidak bisa meninggalkan Rusia.

Gaethje muncul sebagai pengganti Khabib dan berhasil mengatasi perlawanan Ferguson. ’’Dia (Khabib, Red) sudah membiasakan. Lebih fokus ketimbang sebelumnya, ’’ ungkap manajer Khabib, Ali Abdelaziz, seperti dilansir South China Morning Post.

’’Dia punya misi untuk membuat rekor kemenangan 30-0 dan itulah yang mau dia lakukan, ’’ sumbarnya.