Supaya Ekonomi Cepat Pulih, Mas Menteri Imbau Masyarakat Tidak Mudik

JawaPos. com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyilakan masyarakat untuk bergandengan tangan memutus mata rantai penularan Covid-19. Salah satunya dengan bersama-sama mematuhi larangan pegangan yang telah ditetapkan pemerintah.

Karena itu, untuk mengatasi rasa jemu lantaran tidak mudik ke luar daerah, Sandiaga meminta masyarakat untuk berlibur dalam destinasi wisata lokal selama libur lebaran.

Meski begitu, Sandiaga menyampaikan catatan agar masyarakat dengan berwisata tetap mematuhi kebijakan PPKM skala mikro dengan diterapkan pemerintah daerah. Termasuk, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dalam destinasi wisata.

“ Jadi saya harapkan ini akan memberikan kejelasan agar kita tidak nanar menghadapi situasi ini, kalau mudik dilarang, kegiatan (masyarakat) mengacu kepada PPKM skala mikro dan ada aglomerasi-aglomerasi yang sudah ditentukan sebab pemerintah untuk dipatuhi, termasuk juga kegiatan masyarakat berpelesir lokal, ” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4).

Sandiaga juga menegaskan, kebijakan larangan mudik lebaran diambil negeri dengan pertimbangan data. Bersandarkan data tahun 2020, jumlah kasus Covid-19 melonjak signifikan selama masa liburan.

Karena diketahui, sesudah musim libur lebaran misalnya, kasus Covid-19 melonjak mematok 94 persen. Sementara kenaikan kasus Covid-19 paska libur Natal dan tahun baru (Nataru) mencapai 70 obat jerih.

Menangkap Juga: Reformasi ASN, Terangkat Pangkat Tiap Dua Tahun dan Usia Pensiun Ditambah

Baca Juga: Telah Disetujui 30 Negara, Sinovac Produksi 2 Miliar Vaksin Covid-19

“ Jadi kesimpulan pemerintah untuk meniadakan pegangan dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data, bahwa kalau ada pergerakan secara murni seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang betul signifikan dari penularan virus Covid-19, ” kata Sandiaga.

“ Sebab karena itu larangan pegangan ini harus kita patuhi dan saya mohon sekadar masyarakat kita bisa mengerti keputusan yang diambil pemerintah, ” imbuh pria yang akrab disapa Mas Menteri ini.

Sandiaga juga berharap, kepatuhan asosiasi untuk tidak mudik serta menjaga protokol kesehatan sanggup berbuah baik. Bila kejadian penularan Covid-19 paska libur lebaran dapat menurun, Sandiaga optimistis pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali reda.

“ Beta harap dengan kepatuhan kita terhadap keputusan pemerintah, maka kita bisa menekan angka penularan covid-19 yang perkiraan sedikit merangkak naik. Maka ini butuh kerjasama. Aku mohon sekali bantuan daripada segenap masyarakat di semesta pelosok nusantara untuk taat terhadap protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin, ” kata Sandiaga.