Syakir Daulay Duet dengan Adiba di Single ‘Allahummarhamna Bil Quran’

JawaPos. com – Tahun lalu, Syakir Daulay membawakan single milik mendiang ustad Jefri Al Buchori, Bidadari Surga, dalam format duet dengan Adiba, salah satu anak dari almarhum. Lagu tersebut sukses diterima oleh asosiasi pada saat perilisannya kala tersebut.

Seolah bermaksud mengulang kesuksesan tahun semrawut, Syakir Daulay kembali duet dengan Adiba merilis single religi terbaru pada pertengahan Ramadan. Single duet mereka kesempatan ini berjudul Allahummarhamna Bil Quran dirilis di ketika nuzulul quran.

Single ini memang tidak secara khusus mengajak pendengar untuk membanyak membaca Alquran seperti yang tersurat pada judul lagunya. Namun ajakan itu tetap ada namun dibuat soft. Selain itu, single terbaru Syakir Daulay- Adiba juga memuat sama dengan pengakuan dosa memohon pada Allah untuk diampuni segala dosa.

Syakir Daulay dan Adiba mengungkapkan bahwa lagu terbaru itu dikemas dalam kemasan dengan disesuaikan dengan kondisi anak-anak muda. Lagunya tidak mencari jalan menggurui karena anak-anak bujang tidak suka digurui.

“Lagunya unik betul. Sebagai pengingat kita kepada Allah SWT tapi secara cara yang lebih seruan untuk orang dengerin, ” ujar Adiba dalam bertemu pers virtual perilisan single Allahummarhamna Bil Quran, Kamis (29/4).

Syakir Daulay mengungkapkan, ajakan untuk membaca Alquran lewat doa Allahummarhamna Bil Quran sering kali terdengar di mushala di kampung-kampung. Namun ternyata kini doa itu mampu juga disambungkan lewat negeri musik.

“ Benar-benar unik secara musiknya, melodinya, dan liriknya juga benar-benar gak kaku. Betul-betul modern banget, jadi betul banget dengan pendengar musik sekarang, ” kata Syakir Daulay.

Bertentangan dengan lagu-lagu religi yang mereka bawakan sebelumnya, single terbaru ini memberikan warna baru bagi mereka. Syakir Daulay sendiri menampilkan sesuatu yang berbeda dengan muncul kebolehannya nge-rap.

”Di lagu ini, yang paling seru, Syakir nge-rap. Ini benar-benar dadakan banget. Jadi ini pengalaman dengan istimewa banget di lagak ini, ” kata Syakir Daulay.

”Aku suka dengan melodinya dan cara menyampaikan lagunya benar-benar unik. Orang gak kesal dengerinnya. Karena biasanya corak religi itu kan karakter taunya santai, tapi pembawaan Allahummarhamna Bil Quran seruan untuk didengerin, ” melayani Adiba.

Menariknya, single religi Syakir & Adiba dipilih menjadi original soundtrack film Hari Yang Dijanjikan. Film tersebut dibintangi oleh Vino G Bastian, Arga Artalidia dan Graciella Abigail. Menceritakan tentang sosok seorang ayah bernama Puji yang mengalami kesulitan finansial karena di- PHK perusahaannya akibat pandemi.

Namun berkat dukungan pedusi dan anak semata wayangnya, Puji mampu menjalani kehidupannya. Meski awalnya sempat teringat dalam benaknya mau menyudahi hidup dengan cara pati padam diri lantaran tak kuat menanggung beban hidup.

Syakir dan Adiba menyataka sangat senang gaya religi mereka yang anyar dirilis hari ini menjadi soundtrack film. Keduanya berniat lagu ini bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya para-para pecinta musik di negeri air. “Kita yang nyanyiin senang banget. Semoga dengan mendengar juga bisa terhibur karena lagi ini bisa menjadi lagu sehari-hari, ” kata Adiba.