TICA Dukung Ciputra Hospital Perangi Covid-19

JawaPos. com – TICA Climate Solutions., Co. LTD memilih Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang jadi rumah sakit yang menerima bantuan fasilitas alat pengatur udara ataupun air handling unit (AHU). Alat tersebut untuk kebutuhan fasilitas isolasi penanganan pasien Covid-19 di Nusantara. Donasi unit pendingin ruangan tersebut diharapkan menambah kenyamanan ruang isolasi perawatan pasien kedua rumah lara Ciputra Group.

““Kami mengapreasiasi TICA bersama sale distributornya di Indonesia PT. Trias Pokok Mitra Sejati dan PT. Tripari., Co, Ltd yang memberikan dana dua unit AHU untuk dipasang di Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang, ”” kata Direktur Ciputra Hospitaldr. Irwan S. Hermawan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (20/5).

dr. Irwan menjelaskan, donasi itu merupakan rencana Corporate Social Responsibility (CSR) lantaran TICA Climate Solutions sebagai kongsi yang fokus pada produksi AC dan clean environment. Terutama, kepada rumah sakit yang telah membikin ruangan perawatan isolasi bagi penderita yang terinfeksi Covid-19.

Tidak hanya bantuan ke Ciputra Hospital, perusahaan tersebut juga menyampaikan donasi kepada rumah sakit yang tersebar di beberapa daerah pada Indonesia. Misalnya, Rumah Sakit Hermina Kemayoran, Rumah Sakit Cinta Afeksi Tzu Chi, dan RSUP Dr. M Djamil Padang.

Ia menambahkan, kedua unit sentral AC tersebut segera dipasang pada Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang untuk menambah kenyamanan anak obat yang dirawat di ruang isolasi Covid-19. ”“Kami akan kami install buat menambah kapasitas fresh air di ruang isolasi bertekanan negatif dengan telah kami sediakan sebelumnya, jadi menambah kenyamanan pasien dalam pembelaan, ”” imbuhnya.

Untuk informasi, mulai 1 Mei 2020 Ciputra Group melalui Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta sudah mengoperasikan penambahan ruang isolasi sebanyak 123 bed dan tenda tumbuh untuk tambahan ruang isolasi. Namun di Ciputra Hospital Citra Besar Tangerang, dengan kapasitas 87 bed.

Layanan Ciputra Hospital on The Wheel

Sementara, Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang mulai 18 Mei 2020 menghadirkan layanan kesehatan tubuh keliling atau Ciputra Hospital on The Wheel. Program ini bertujuan untuk mendekatkan diri kepada penderita yang memutuskan untuk tetap berkecukupan di rumah sesuai anjuran pemerintah.

”“Kami memahami ada sebagian pasien Ciputra Hospital yang memilih untuk tetap berada pada rumah sesuai dengan anjuran pemerintah agar tidak berkumpul di wadah yang ramai, ” ujar Eksekutif Ciputra Hospital dr. Ridwan Tjahjadi Lembong.

Program tersebut berjalan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Misalnya, antrian untuk menjaga jarak pasien dengan berobat atau konsultasi. Wilayah penyajian Ciputra Hospital on The Wheel akan dimulai pada 18 Mei hingga 18 Juni 2020 di dalam komplek Citra Raya Tangerang yang telah dihuni lebih dari 65. 000 jiwa. Namun, tidak mengunci kemungkinan cakupan luas area jangkauannya ditambah.

Program Ciputra Hospital on The Wheel menyediakan mobil keliling ambulans yang dilengkapi dengan tenda untuk ruang nanti pasien, ruang konsultasi dan penyeliaan fisik, loket pembayaran, dan loket pengambilan obat. Pelayanan Ciputra Hospital on The Wheel mencakup konsultasi dengan dokter umum, pembelian obat, pengambilan sampel laboratorium, hingga muka dengan dokter spesialis.

Hospital on The Wheel pula dilengkapi dengan peralatan sederhana untuk mengambil sampel laboratorium. Pasien dengan ingin rapid test Covid-19 selalu dapat dilayani dengan melakukan pengambilan sampel dan pemeriksaan di penyajian kesehatan keliling itu.