Wawali Surabaya Gagas Sayembara Desain Patung Bung Karno

JawaPos. com –Wakil Pemangku Kota Surabaya, Jawa Timur,  Armuji memberi penghormatan arah jasa para pendiri keluarga Indonesia dengan cara menyelenggarakan sayembara mendesain patung Presiden RI pertama Soekarno ataupun Bung Karno.

”Para peserta nantinya mampu mencari lokasi yang benar dan desain yang bagus, ” kata Wawali Armuji seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Menurut dia, Surabaya sebagai Kota Pahlawan memiliki memori panjang dalam perjuangan Kebebasan. Bung Karno lahir pada Jalan Peneleh Gang Pandean IV, Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. ”Warga Surabaya serupa bangga memiliki tokoh yang dikagumi hingga kancah global, ” ujar Armuji.

Dia menjelaskan, pertumbuhan dan kemajuan Kota Surabaya juga harus memperhatikan bagian historis serta kebudayaan jadi wujud mengimplementasikan pembangunan yang berkepribadian dalam budaya. Zaman ini, telah dipersiapkan teknis pelaksanaan sayembara desain patung Bung Karno.

”Secepatnya akan diumumkan. Saya ingin Surabaya sebagai Kota Pahlawan dan kota kemunculan proklamator semakin teguh karib di benak masyarakat. Makin diberbagai kota sudah penuh yang membangun patung Bung Karno, ” papar Armuji.

Wakil Wali Kota Surabaya menyatakan, imbalan sayembara desain patung Bung Karno tersebut bernilai puluhan juta rupiah.