Viral Waspada Hujan Lebat di Laman Signature. bmkg. go. id, Ini Faktanya

JawaPos. com – Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan tidak memiliki laman signature. bmkg. go. id. Sebab bertebaran di media sosial terkait potensi hujan lebat yang berdampak pada banjir bandang dapat terjadi di 21 provinsi di Indonesia pada 23-24 Februari 2021.

“Yang saya lingkari (potensi hujan lebat yang berdampak dalam banjir bandang) sudah diedit, ” kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika, Potensial dan Tanda Waktu, Rahmat Triyono dikonfirmasi, Selasa (23/2).

Laman BMKG dengan benar adalah https://www.bmkg.go.id/ . Meski demikian, Rahmat tidak memungkiri sejumlah wilayah berpotensi berlaku hujan dengan intensitas sedang had lebat, seperti khususnya di provinsi Jawa Barat.

Pada media sosial, bertebaran informasi bertuliskan hujan lebat yang berpotensi banjir bandang. Bahkan meminta masyarakat untuk mengamankan surat-surat berharganya.

Maklumat hujan lebat potensi banjir bandang di laman signature. bmkg. go. id (Istimewa)

“Mohon Waspada untuk perut hari ke depan. Amankan surat-surat berharga atau penting dan titipkan ke rumah sanak saudara yang aman dari banjir. Sikapi rujukan BMKG ini dengan serius. Waspada sejak dini, ” sebagaimana keterangan tersebut dengan tertera laman https://signature.bmkg.go.id .

Tertulis juga 21 provinsi dalam pesan tersebut. Antara lain: Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), Bali (siaga), Nusa Tenggara Barat (siaga), Sulawesi Selatan (siaga), Aceh (waspada), Sumatera Utara (waspada), Lampung (waspada), Banten (waspada), DKI Jakarta (waspada), Jogjakarta (waspada), Kalimantan Utara (waspada), Kalimantan Timur (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Sulawesi Tengah (waspada), Sulawesi Tenggara (waspada), Nusa Tenggara Timur (waspada), Maluku (waspada), Papua Barat (waspada), dan Papua (waspada).

Saksikan video menarik dibawah ini: